PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

 

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

 

 

Faldy Praudi Pratama

Ana Marliani

Gina Amalia Agisti

Rama Repanki

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Kuningan

Email : 20200510186@uniku.ac.id

 

 

 

Pembahasan

 

 

Pengambilan keputusan sebagai proses penting yang memengaruhi perilaku konsumen harus dipahami oleh pemasar. Perilaku konsumen merupakan studi yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan untuk membelanjakan sumber daya yang tersedia dan dimiliki (waktu, uang, dan usaha) untuk mendapatkan barang atau jasa yang nantinya akan dikonsumsi. Ada dua faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan pembelian yang selanjut nya akan menentukan respons konsumen. Pertama, konsumen itu sendiri. Ada dua unsur dari konsumen yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yaitu pikiran

konsumen yang meliputi kebutuhan atau motivasi, persepsi, sikap dan karakteristik konsumen yang meliputi demografi, gaya hidup, dan kepribadian konsumen. Faktor kedua adalah pengaruh lingkungan yang terdiri atas nilai budaya, pengaruh sub dan lintas budaya, kelas sosial, dan situasi lain yang menentukan.

 

 

Berdasarkan hasil analisis dari jurnal PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DARI KONSUMEN PADA PRODUK FASHION ZALORA INDONESIA mengatakan bahwa Perilaku konsumen akan termotivasi oleh kebutuhan. Kebutuhan akan memunculkan perilaku yang diperkirakan memiliki kemungkinan terbesar untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Kebutuhan yang dirasakan akan diekspresikan dalam perilaku konsumen. Jadi dengan kata lain setiap perilaku seseorang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, atau tujuan tertentu dalam

memperolehnya.

 

 

Dengan demikian pengaruh bahwa perilaku konsumen terhadap pengambilan keputusan ini terdapat kaitanya yang sangat erat, dimana perilaku konsumen sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen sehingga hal ini mendukung untuk menerima tujuan dari hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruhnya antara perilaku konsumen terhadap pengambilan keputusan.

Komentar

  1. terkadang yg jadi permasalahan itu ya di tingkat pemasarannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini