PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Faldy Praudi Pratama
Ana Marliani
Gina Amalia Agisti
Rama Repanki
Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Kuningan
Email : 20200510186@uniku.ac.id
Pembahasan
Pengambilan keputusan sebagai proses penting yang memengaruhi perilaku konsumen harus dipahami oleh pemasar. Perilaku konsumen merupakan studi yang mengkaji bagaimana
individu membuat keputusan untuk membelanjakan sumber daya yang tersedia dan dimiliki
(waktu, uang, dan usaha) untuk
mendapatkan barang atau jasa yang nantinya akan dikonsumsi. Ada dua faktor yang
memengaruhi pengambilan keputusan
pembelian yang selanjut nya akan menentukan respons konsumen. Pertama, konsumen
itu
sendiri. Ada dua unsur dari konsumen yang
berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yaitu
pikiran
konsumen yang
meliputi kebutuhan
atau motivasi, persepsi, sikap dan karakteristik konsumen yang
meliputi demografi,
gaya
hidup, dan kepribadian konsumen. Faktor kedua adalah pengaruh lingkungan yang terdiri atas nilai budaya, pengaruh sub
dan lintas budaya, kelas
sosial, dan
situasi lain yang
menentukan.
Berdasarkan
hasil analisis dari jurnal “PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DARI KONSUMEN PADA PRODUK FASHION ZALORA INDONESIA” mengatakan bahwa Perilaku konsumen akan termotivasi oleh kebutuhan. Kebutuhan akan memunculkan perilaku yang
diperkirakan memiliki
kemungkinan terbesar untuk memenuhi kebutuhan
tertentu. Kebutuhan yang dirasakan
akan
diekspresikan dalam perilaku konsumen. Jadi dengan kata lain setiap perilaku seseorang
diarahkan
untuk
memenuhi kebutuhan, keinginan, atau tujuan
tertentu dalam
memperolehnya.
Dengan
demikian pengaruh bahwa perilaku konsumen terhadap pengambilan
keputusan
ini
terdapat kaitanya yang
sangat erat,
dimana perilaku konsumen sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan
konsumen sehingga hal ini mendukung untuk
menerima tujuan dari hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruhnya antara perilaku konsumen
terhadap pengambilan keputusan.
terkadang yg jadi permasalahan itu ya di tingkat pemasarannya
BalasHapus